Halaman

- See more at: http://blog.ahmadrifai.net/2012/03/cara-membuat-efek-salju-di-blog.html#sthash.PZ2yhcT5.dpuf

Selasa, 05 Maret 2013

CPU Menyala Tapi LCD atau Monitor Tidak Menyala

Temen-temen Pasti pernah atau sedang bermasalah dengan CPU yang MENYALA tapi tidak ada output di Monitor, LED atau LCD. Saya yakin hampir semua pengguna komputer pernah mengalami hal tersebut. bahkan, mungkin saat membaca tulisan ini anda sedang menghadapi masalah tersebut..
Karena memang posisi ane sekarang sebagai teknisi komputer dan jaringan lebih sering menghadapi masalah di atas. ( Paling Sering) terutama pada CPU lama, CPU yang ga pernah dibersihin. Hayo.. siapa yang merasa…??
Okeh.. sekarang akan ane simpulkan beberapa trik atau tips yang mungkin berguna bagi temen-temen. Untuk mengatasi masalah CPU menyala tetapi pada LCD Monitor tidak muncul tampilan Booting Windows atau sejenisnya..
Silakan Menyimak dengan seksama….

PEMERIKSAAN PADA PENGKABELAN
  1. Periksa kabel sambungan dari Listrik AC ke komputer/CPU anda, kemungkinan longgar atau TIDAK terpasang sama sekali.
  2. Periksa kabel power monitor dan kabel video yang terhubung ke soket VGA komputer sudah terhubung dengan baik atau tidak.
  3. Periksa PIN dari kabel konektor VGA monitor, apakah ada PIN yang BENGKOK, PATAH atau tidak, Jika memang ada yang bengkok coba luruskan dan tancapkan lagi ke slot VGA Card CPU, lalu hidupkan CPU temen-temen.  jika ada yang patah berarti harus diganti kabel konektor VGA monitornya.
  4. Periksa sambungan kabel dari Power Supply ke Motherboard, mungkin longgar atau tidak terpasang dengan baik.
PEMERIKSAAN PADA HARDWARE
  1. Jika proses pemeriksaan pada Pengkabelan sudah benar, tetapi Monitor temen-temen tetap tidak mau hidup maka berikutnya temen-temen dapat melakukan pemeriksaan hardware di dalam CPU temen-temen.
  2. Periksa Monitor komputer, apakah lampu powernya menyala atau tidak, kalau lampu power monitor tidak menyala berarti monitor anda ada masalah atau rusak, temen-temen harus menservisnya ke tukang servis monitor.
  3. Periksa power supply, untuk mengeceknya hubungkan kabel warna Hijau dengan kabel warna Hitam, bila kipasnya hidup maka powernya masih bagus.
  4. Periksa tegangan Power Supply, tegangan power supply ada dua yaitu 12 volt dan 5 volt, coba periksa kabel merah dengan kabel hitam dengan multi tester, bila ternyata tegangannya kurang dari 12 dan 5 volt berarti power supply harus di ganti.
  5. Bila ternyata power supplynya masih bagus, bila komputer dihidupkan fan power supply dan fan pendingin Processor bekerja tapi komputer tidak mau hidup, matikan komputer temen-temen, lepaskan fan processor, kemudian hidupkan kembali selama 1 menit, coba pegang processor, bila processor terasa hangat berarti processor masih bagus, tetapi bila processor tidak panas berarti processor temen-temen telah jebol perlu diganti.
  6. Nyalakan PC temen-temen. jika monitor tidak menyala, sekarang lepaskan kabel PowerSuppy yang mengarah ke mainboard. kabel ini ada dua, anda lepaskan kabel kecil milik power supply (biasanya sih terpasang di samping processor) setelah dua sampai tiga detik pasang kembali kabel tersebut. hal ini harus anda lakukan dalam posisi komputer menyala.
  7. Bila processor masih bagus, tapi monitor tidak mau nyala, periksa Memory (RAM) , caranya bila anda memiliki dua komputer yang menggunakan memory yang sejenis coba pasang ke komputer tersebut atau bisa juga membersikan logam Memory (RAM) dengan Penghapus pensil, bila komputer tersebut tidak hidup setelah menggunakan memory tersebut, berarti memory tersebut rusak, temen-temen harus mengganti memory.
  8. Bila ternyata memorynya masih bagus tapi Monitor tersebut tidak mau nyala, periksa VGA Card anda (Bila temen-temen menggunakan VGA Card), coba test VGA Card temen-temen ke komputer lain, bila komputer tersebut tidak mau nyala, maka anda harus mengganti VGA Card temen-temen karena VGA Card tersebut telah rusak.
  9. Bila VGA Cardnya masih bagus tapi Monitor tetap tidak mau menyala, coba lakukan Clear Bios, dengan cara menjamper pin dari posisi Normal ke posisi Clear, setelah anda jumper ke posisi Clear, hidupkan komputer anda selama beberapa detik, kemudian matikan komputer anda dan cabut kabel power listrik dari CPU, kembalikan posisi jumper ke posisi Normal, sambung kembali kabel power ke CPU anda dan hidupkan komputer anda.
  10. Bila setelah melakukan Clear CMOS ternyata Monitor tetap tidak juga mau menyala, mungkin salah satu komponen komputer anda seperti: CD Room, Hardisk mengalami kerusakan atau korslet di bagian mekanik atau elektriknya. Coba cabut hubungan dengan komponen tersebut. Setelah temen-temen mencabut komponen yang terhubung di komputer tersebut, kemudian temen-temen Nyalakan komputer dan Monitor temen-temen mau nyala berarti ada salah satu dari komponen tersebut rusak.
  11. Matikan komputer dan coba sambungkan ke komponen komputer satu persatu sampai mendapatkan komponen mana yang rusak tersebut. Dan bila ketemu komponen yang rusak tersebut, segera ganti komponen atau bawa ke tempat service.
  12. Bila ternyata semua komponen komputer dalam kondisi bagus tetapi Monitor temen-temen tetap tidak mau hidup berarti chipset komputer atau Motherboard temen-temen rusak, Silahkan ganti motherboard anda atau bawa ke tempat service distributor Motherboardnya.
PEMERIKSAAN PADA DRIVER
  1. Periksa Driver Instalasi komponen komputer, terutama Driver VGA Card, bila Driver tidak cocok dengan system VGA-nya maka akan terjadi conflik sehingga komputer tidak mau bekerja atau Hang.
  2. Bila temen-temen mengupdate Bios, tapi bios yang temen-temen update tidak cocok dengan system motherboard maka komputer anda tidak akan hidup, anda harus mengganti update bios tersebut ke posisi standardnya. Hati-hati dalam mengupdate bios, kalau ternyata bios tidak cocok maka komputer tidak akan dapat membaca komponen komputer anda termasuk hardisk dan usb, sehingga anda harus mengganti chipset bios itupun bila ada yang jual, kalau tidak maka solusi terakhir, temen-temen harus “LEMBIRU” alias Lempar Beli Baru;

Tidak ada komentar:

Posting Komentar